Kamis, 20 September 2012

Tiga Robot Unikom Raih Emas di AS


BANDUNG – Tiga dari empat robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung, meraih medali emas pada ajang Robogames 2012 di San Mateo, California, Amerika Serikat (AS), 20-22 April lalu.

Tiga kategori yang dimenangkan yakni Shooting Gallery, Walker Challenge, dan Ribbon Climber. "Empat mahasiswa awalnya dikirim, namun karena mengalami beberapa kendala seorang mahasiswa didampingi dua dosen. Tiga robot memenangkan emas di masing-masing kategori," ujar Rektor Unikom Eddy Soeryanto di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, kemarin.

Eddy menjelaskan, mahasiswa perakit robot itu berasal dari lintas jurusan di antaranya Ilmu Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Teknik Audio Visual. Sementara mahasiswa yang mewakili teman satu timnya adalah Didit Andri Jatmika, mahasiswa jurusan Ilmu Teknik Komputer, bersama dosen Taufik Nuzwir Nizar dan Yusrilia Kerlozza.

"Sebulan lalu kami membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak dalam lomba robot Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter di Hartford, Connecticut," kata Eddy.

Dengan demikian, Unikom telah mengantongi lima emas dan satu perak pada ajang robotika 2012 ini. Unikom sudah empat tahun berturut-turut berkiprah dalam kompetisi robot internasional, tepatnya sejak 2009. Kampus ini juga pernah menjuarai kontes roket selama tiga tahun dan ajang ICT.

"Peningkatan prestasi dibandingkan tahun lalu ini diharapkan menjadi modal berharga untuk pengembangan ilmu robotika di perguruan tinggi," ucapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger templates

Blogroll

World time
http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=5471550823393561146#template

About